Mengenal Hand Rem Pada Mobil
Rem
parkir (parking brake) terutama digunakan untuk parkir kendaraan. Mobil
penumpang dan kendaraan niaga yang kecil mempunyai rem parkir tipe roda
belakang (rem kaki), atau rem parkir ekslusif yang dihubungkan dengan roda-roda
belakang.
Kendaraan
niaga yang besar menggunakan rem parkir tipe center brake yang dipasang antara
propeller shaft dan transmisi. Sistem rem parkir terdiri dari tuas rem, stick
atau pedal, kabel atau tipe mekanisme batang (rod) dan tromol rem dan sepatu
yang membangkitkan daya pengereman.
Mekanisme kerja (operating mechanism) pada rem
parkir pada dasarnya sama untuk tipe rem parkir belakang dan tipe center brake.
Tuas rem parkir ditempatkan berdekatan dengan tempat duduk pengemudi dengan
menarik tuas rem parkir maka rem bekerja melalui kabel yang dihubungkan dengan
tuas.
Ada beberapa tipe tuas rem parkir, yang digunakan bergantung pada design tempat duduk pengemudi dan
sistem kerja yang dikehendaki.
Tuas rem parkir dilengkapi dengan ratchet utnuk mengatur
tuas pada suatu posisi pengetesan. Pada beberapa tuas rem parkir mur
penyetelannya dekat dengan tuas rem, dengan demikian penyetelan jarak tuas
dapat dengan mudah distel.
Kabel rem parkir memindahkan gerakan tuas ke tromol rem
sub-assembly. Pada rem parkir roda belakang, dibagian tengah kabel diberi
equalizer untuk menyamakan daya kerjanya tuas pada kedua roda-roda. Tuas
intermediate (intermediate lever) dipasang untuk menambah daya
pengoperasian.
Post a Comment